Monday, May 6, 2019

Bertanya-Tanya di Ramadan Pertama

Tags


Seberapa banyak setan yang menghalangi kita ke masjid? Kulihat tadi pas tarawih pertama masjid agung Alfalah penuh sesak sampai ke lantai dua ada jamaahnya. Sedangkan malam-malam biasa jamaah terbanyak hanya saat salat magrib, sedangkan salat lain, kita dengan mudah merangsek hingga saf pertama.


Khidmatnya salat tarawih pertama karena setahun sekali cuma ada, jadi masyarakat semuanya mau ke menasah, saya memilih ke masjid karena menasah sedang ada masalah. Imum menasah kampung kami di kata-katai oleh orang kampung yang macam-macam, segelintir aku dengar dari ayah katanya “di kheun-khen lee gop” yang artinya di kata-katai, tak tahu aku dikatai apa, tapi yang jelas beliau ngambek dan tak mau menjadi imam menasah lagi. Jadi takut gak ada imam, dan takut juga aku disuruh jadi imam, padahal di doa sehari-hari ada rabbi jaalni lil muttaqina imama (ya Allah jadikanllah aku imam orang bertaqwa) tapi tak cukup ayat untuk mengimami salat tarawih, karena sehari-hari salat pakai ayat itu-itu saja.



Maka malam pertama berdesakan di masjid kota saja, usai delapan rakaat sudah tak berdesakan lagi sih, jadi sabar saja sampai delapan rakaat. Rakaat selanjutnya terasa ngantuk sekali, hampir jatuh ke depan sangking ngantuknya.


Tapi setelah tarawih entah kenapa tiba-tiba segar kembali, perasaan yang sama ini timbul juga saat salat jumat, pas khatib berkhutbah itu ngantuk sekali, tapi siap salat jumat, saya tiba-tiba segar kembali. Ckckck! Apa banyak kali setan dalam badanku, sehingga setiap salat dan mendengar ceramah selalu ngantuk?

https://kumparan.com/acehkini/foto-tarawih-perdana-di-masjid-kebanggaan-aceh-1r1OR6RhNe7

Baik, ngomong-ngomong soal khatib, ternyata  selama ini aku salah dalam memahami, malah yang  salah paham ini aku tulis di  buku pertamaku tentang Ramadan-Judul bukunya Ramadan orang Awam- dalam satu judul di dalamnya yang judulnya Puasa tanpa salat bagai pakai baju, tak pakai celana. itu tak boleh kita ucapkan sebenarnya, orang yang mau puasa, walaupun dia tak salat ya biarlah dulu, saat bertemu dan ditanyai pendapat kita, bilanglah padanya. Alhamdulillah bapak sudah berpuasa, semoga bapak juga kita doakan supaya salatnya tak bolong-bolong lagi.


Hari pertama lebih khitmat buka puasanya di rumah sendiri, sebelum nanti dapat undangan atau buka puasa bersama sesama komunitas. Tapi jangan prioritaskan buka puasanya, tambahlah Ibadah di bulan suci ini, dengan lebih banyak mengaji, bersedekah dan berkata-kata yang baik.

#ramadanorangawam

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon